fbpx

Kampung Inggris Pare Dimana? 

oleh | Jun 30, 2024 | Info, Seputar Kampung Inggris | 3 Komentar

Kampung Inggris PareKampung Inggris Pare dimana? Kampung Inggris Pare atau biasa dikenal dengan sebutan ‘Kampung Inggris’ saja ini merupakan sebuah wilayah atau perkampungan kecil yang terletak sekitar desa Tulungrejo dan desa Pelem, kecamatan Pare, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Perkampungan yang awalnya hanya tempat tinggal warga dusun biasa tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah perkampungan tempat belajar bahasa Inggris. 

Seperti halnya tempat belajar, pemandangan keseharian di Kampung Inggris Pare sama seperti kompleks pelajar. Hiruk pikuk aktivitas orang-orang yang sedang belajar mendominasinya. Selain itu banyak orang yang datang untuk mengisi liburan atau melepas penat dari kegiatan sekolah atau kerja, dan mengisinya dengan kegiatan yang produktif. Berikut ini kita akan membahas tentang semua hal yang berhubungan dengan Kampung Inggris Pare itu sendiri. 

 

Sejarah Pendiri Kampung Inggris Pare

sejarah kampung inggris mr kalend

    Source : https://interpeacepare.com/

Kampung Inggris Pare terbentuk pada tahun 1977 oleh seorang santri bernama Kalend Osein. Santri yang menempuh pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor ini berasal dari Kalimantan Timur. Mengalami permasalahan keuangan membuatnya tidak mampu kembali ke daerah asalnya yaitu tanah Kalimantan. Dengan kondisi sulit tersebut, seorang temannya memberitahukan tentang adanya seorang ustadz di Pare yang mampu menguasai delapan bahasa asing yang bernama Kyai Ahmad Yazid Ibnu Thohir. Hal itu membuat Kalend berniat untuk berguru dengan harapan mampu menguasai salah satu atau dua bahasa asing. Sehingga ia belajar di pesantren milik Yazid, yakni Pesantren Darul Falah yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa timur. 

Selanjutnya, setelah belajar dengan serius di pondok pesantren milik Kyai Yazid, membuat Kalend mampu menguasai beberapa bahasa asing dan salah satunya adalah Bahasa Inggris. Hingga suatu hari datanglah dua orang mahasiswa dari IAIN Sunan Ampel ke Pesantren Darul Falah yang ingin belajar bahasa Inggris untuk ujian nasional. Tetapi pada saat itu, Kyai Yazid sedang tidak ada di pesantren, sehingga Mr. Kalend yang mendapatkan rekomendasi untuk mengajar dua orang tersebut. 

Sepulangnya dua mahasiswa tersebut belajar bahasa Inggris bersama Mr. Kalend, mereka pun mengikuti tes tersebut. Lalu kemudian dinyatakan bahwa keduanya lulus ujian dan memberikan kabar pada Mr. Kalend. Mendengar keberhasilan tersebut, banyak mahasiswa/i lainnya yang datang ke Pare untuk belajar langsung dengan Mr. Kalend. Oleh sebab itulah pada 15 Juni 1977, Mr. Kalend mendirikan sebuah lembaga kursus bahasa Inggris pertama di Pare yang menjadi cikal bakal berdirinya Kampung Inggris Pare. 

 

Asal Mula Berdirinya

Berawal dari Mr. Kalend yang mendirikan satu lembaga kursus Bahasa Inggris dan sudah meluluskan banyak peserta setiap tahunnya. Dalam 10 tahun kemudian, beberapa peserta yang sudah lulus dari menempuh kursus dengan Mr. Kalend tersebutlah yang berencana untuk membuka lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris lainnya. Sehingga berdiri ratusan tempat kursus sekarang ini. Karena itulah, dua desa di Pare yakni desa Tulungrejo dan desa Pelem ini menjadi populer dengan sebutan Kampung Inggris Pare. 

Sebenarnya di Pare sendiri tidak hanya berdiri kursusan bahasa Inggris, ada beberapa bahasa asing juga yang bisa kamu pelajari disini. Seperti kursus bahasa Arab, Korea, Jepang, Mandarin, Spanyol dan lain sebagainya. Namun, untuk bahasa Inggris sendiri jumlahnya lebih banyak dan kualitasnya sendiri sudah terbukti. 

Sekitar lebih dari 160 kursus bahasa Inggris berdiri, menjadikan lingkungannya pun menunjang untuk cepat bisa belajar bahasa Inggris. Karena, hampir semua area di Kampung Inggris Pare merupakan english area, yang mewajibkan peserta untuk terus menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Selain itu, banyaknya penjual makanan yang juga mengaplikasian bahasa Inggris ketika berinteraksi dengan pembeli. Sehingga banyak orang yang memilih belajar langsung di Kampung Inggris Pare. 

 

Kenapa Harus Kampung Inggris?

Monumen Kampung Inggris Pare

Source : https://images.app.go/

Semua lembaga kursusan di Kampung Inggris Pare menawarkan metode, fasilitas, kurikulum dan durasi belajar serta modul pembelajaran yang berbeda-beda. Sementara itu, lingkungan yang aktif berbahasa Inggris inilah yang menjadikan Kampung Inggris Pare sebagai pilihan utama bagi sebagian peeps untuk belajar bahasa Inggris. 

Selain itu, biaya kursusan yang tersedia di Kampung Inggris bisa tergolong ramah dan bisa dijangkau dari berbagai golongan masyarakat. Tidak hanya menawarkan pembelajaran, biaya tersebut sudah mencakup biaya asrama dan kegiatan penunjang lainnya. Seperti hiburan atau kegiatan outdoor yang menjadi kelebihan masing-masing lembaga kursus.  Biaya hidup di Kampung Inggris Pare sendiri termasuk murah bagi para remaja dan mahasiswa yang masih mengandalkan uang jajan dari orangtua. Peeps bisa mengetahui makanan atau kuliner yang sering ada ketika belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri! 

Durasi pembelajaran yang ada pun beragam mulai dari durasi holiday yang hanya 1 minggu hingga durasi lama selama 6 bulan, tergantung dengan waktu yang peeps miliki. Dengan mengikuti program pembelajaran hingga tuntas, kamu akan menerima semua skill materi secara utuh dan memberikan progres yang lebih optimal. 

Masih banyak lagi hal yang harus kamu ketahui tentang Kampung Inggris Pare. Bagi kamu yang ingin merasakan healing atau liburan tetapi mau tetap berkegiatan produktif. Belajar bahasa Inggris langsung di Kampung Inggris Pare adalah jawabannya. Pembelajaran full praktek dan dengan lingkungan yang akan mendukung proses belajarmu! 

3 Komentar

  1. Riana

    Now I know

    Balas
  2. Madya

    Wahhh jadi tahu min, di mana pare

    Balas
  3. Moh. Alwi Muzakki

    nice

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *