fbpx

KURSUS BAHASA INGGRIS ITU PENTING

oleh | Feb 25, 2018 | Uncategorized | 0 Komentar

di era Globalisasi saat ini, Bahasa Inggris sangatlah diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari.KURSUS BAHASA INGGRIS ITU PENTING

KURSUS BAHASA INGGRIS ITU PENTING

Bayangkan saja, pada saat membuka komputer, semua perintah yang ada dalam computer menggunakan bahasa Inggris.

Ketika membuka handphone dan mau menelepon, bagi beberapa handphone, diset menggunakan bahasa Inggris.

Di sekolah formal ada pelajaran bahasa Inggris. Di Universitas pun kita diharapkan bisa berbahasa Inggris apalagi bagi kita yang mengambil jurusan bahasa Inggris tentu saja tidak asing dengan bahasa Inggris.

Ternyata banyak sekali benda-benda di sekeliling kita yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Namun terkadang kita tidak menjadikan hal tersebut acuan untuk mempelajari bahasa Inggris lebih dalam lagi.

Kadang, ketika kita menemui hambatan tentang perintah atau kesalahan yang terjadi pada computer kita misalnya, kita akan lebih memilih orang lain yang lebih mengerti tentang IT untuk memperbaikinya daripada memanggil orang yang pandai berbahasa Inggris untuk mengartikan perintah atau kesalahan yang ada di layar komputer dan memperbaikinya sendiri.
Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang akan semakin diperlukan apabila kita mengenal istilah Perdagangan Bebas.

Perdagangan bebas menurut website Wikipedia bahasa Indonesia Sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya.

Perdagangan bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.(Wikipedia berbahasa Indonesia,2009)

Hal ini turut mendukung peranan bahasa Inggris untuk memperlancar komunikasi dalam proses perdagangan.

Karena tidak menutup kemungkinan jika Indonesia mulai masuk ke dalam Negara yang melakukan perdagangan bebas, maka akan banyak konsumen yang berasal dari luar negeri berdatangan.

Bisa dibayangkan jika kita, sebagai produsen, tidak bisa berbahasa internasional ini? Tentunya transaksi tidak akan terjadi.
Beberapa pemaparan di atas, bisa kita terima kalau bahasa Inggris memang sangat penting dalam kehidupan kita baik saat ini maupun nanti.

Namun ternyata, Bahasa Inggris di sekolah-sekolah sangat tidak efektif untuk mengembangkan kemampuan para siswa dalam hal berbahasa Inggris.

Karena masih banyak lulusan Sekolah Menengah Atas yang kurang begitu bisa atau tidak fasih berbahasa Inggris.

Sangat disayangkan, Padahal dalam usia-usia itulah banyak perusahaan mencari pekerja atau karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Terkadang aspek inilah yang menentukan posisi atau jabatan seseorang.

Seseorang yang fasih berbahasa Inggris mungkin akan mendapatkan posisi yang lebih baik.

Biasanya ditempatkan di bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) yang akan berhubungan dengan orang banyak.

Namun orang yang kurang fasih dalam berbahasa Inggris, biasanya hanya akan ditempatkan sebagai karyawan biasa.
Data yang diperoleh oleh salah satu tempat kursus Bahasa Inggris terkemuka menyatakan bahwa rata-rata setiap anak Indonesia menghabiskan waktu 2000 jam untuk belajar bahasa Inggris mulai dari sekolah dasar sampai Universitas.

Namun mereka belum fasih untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Disinilah peran penting pendidikan nonformal dapat dimaksimalkan.
Definisi Pendidikan nonformal yang saya dapat dari website Wikipedia bahasa Indonesia
Jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.
Jenis –jenis dari pendidikan nonformal antara lain Kelompok bermain, Lembaga kursus, Pusat kegiatan belajar masyarakat dan lain-lain.

Pendidikan nonformal yang berfokus pada bahasa Inggris biasanya masuk dalam jenis Lembaga kursus.
Sedangkan menurut Dwi Joko Widyanto dalam blognya menyatakan bahwa:
Pendidikan nonformal adalah aktivitas pendidikan di luar pendidikan formal, dilakukan secara mandiri, terorganisir, dan sistematis, untuk melayani peserta didik tertentu dalam mencapai tujuan belajarnya. (dwijayantoblog,2009)

Lembaga kursus adalah lembaga yang memfasilitasi suatu kegiatan belajar-mengajar seperti halnya sekolah.

Perbedaanya adalah bahwa kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu.

Misalnya, kursus bahasa Inggris tiga bulan atau 50 jam, kursus montir, kursus memasak, menjahit, musik. peserta yang telah mengikuti kursus dengan baik dapat memperoleh sertifikat atau surat keterangan.

Untuk keterampilan tertentu seperti, kursus ahli kecantikan atau penata rambut, peserta kursus diwajibkan menempuh ujian negara.

Ujian negara ini dimaksudkan untuk mengawasi mutu kursus yang bersangkutan, sehingga pelajaran yang diberikan memenuhi syarat dan peserta memiliki keterampilan dalam bidangnya.
Manfaat Kursus Bahasa Inggris
Banyak sekali anak-anak usia sekolah yang sudah bisa berbicara bahasa Inggris dengan fasihnya. Biasanya orang yang mampu berbicara bahasa Inggris dengan fasih adalah orang-orang yang sedang ataupun pernah mengikuti kursus bahasa Inggris.

Mungkin sekilas tak ada bedanya, namun jika kita lihat baik-baik, perbedaan itu akan jelas terlihat terutama pada saat kegiatan belajar di kelas.
Anak-anak atau orang-orang yang mengikuti kursus bahasa Inggris, biasanya akan lebih percaya diri untuk mengungkapkan pikirannya dalam bahasa Inggris.

Dia tidak akan pernah ragu-ragu menggunakan kemampuannya berbahasa Inggris dalam percakapannya sehari-hari.

Selain itu, orang- orang yang mengikuti kursus bahasa Inggris memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik, karena kemampuannya menggunakan lebih dari satu bahasa yang akan berpengaruh pada orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Karena peserta didik harus bergaul dengan orang-orang yang berbeda dengan orang-orang yang ada di lingkungan sebelumnya.

Hal itu juga akan berpengaruh pada pergaulannya yang lebih luas dan memiliki kemampuan untuk memahami perasaan orang lain sehingga akan memiliki teman yang lebih banyak.

Lalu orang yang mengikuti kursus bahasa Inggris biasanya memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Khususnya dalam olah kata.

Karena dalam metode pembelajaran bahasa Inggris di Lembaga kursus, peserta didik dibiasakan untuk berpikir kreatif dan efisien.

Hal tersebut biasa dipraktekan melalui metode games ringan yang mampu mengasah daya ingat, kreativitas dan kecepatan peserta didik untuk bisa menjawab pertanyaan dari sang guru.

Sehingga kebiasaan berpikir itu terbawa bahkan sampai peserta didik tidak kursus lagi di tempat kursus tersebut.
Untuk memperoleh seluruh manfaat dari kursus tersebut, tentu saja peserta didik harus diberi fasilitas yang memadai.

Ruangan kursus yang nyaman untuk belajar adalah salah satunya. Banyak sekali peserta didik yang mengalami kesulitan belajar karena ruangan belajarnya panas.

Sehingga belajar apapun, jika dilakukan di ruangan itu, tidak akan ada yang bisa dicerna dan disimpan oleh otak.

INTERPEACE satu satunya lembaga kursus Bahasa Inggris yang ada di Kampung Inggris yang memiliki kelas outdoor, sehingga proses belajar mengajar tercipta suasana yang nyaman, fun dan tidak stress.

Selain itu tenaga pengajar yang berpengalaman juga memiliki peranan yang penting dalam proses kursus ini.

Peserta didik yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus biasanya adalah orang-orang yang merasa tidak mampu atau merasa kurang bisa mengikuti pelajaran tertentu di Sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Alasannya bisa bermacam-macam. Bisa karena sulit mengerti atau ada pula yang tidak suka dengan mata pelajarannya atau bahkan tidak suka pengajarnya.

Peranan lembaga kursus adalah mengatasi masalah belajar dari peserta didik, dan tenaga pengajar memegang peranan penting dalam hal ini.

Tenaga pengajar haruslah yang berpengalaman dan mampu membuat peserta didik merasa nyaman, Bukan takut atau grogi.
Dua hal yang telah dipaparkan diatas akan semakin sempurna jika ditambahkan dengan metode pembelajaran yang tepat.

Setiap tenaga pengajar haruslah mengerti kalau setiap individu diciptakan berbeda.

Memiliki kemampuan yang berbeda. Baik dalam hal daya tangkap, waktu yang dibutuhkan untuk mampu menyelesaikan suatu tugas dan cara memahami materi.

Tenaga pengajar harus memiliki kecerdasan lebih untuk menerapkan metode yang tepat untuk setiap individu.

Supaya kemampuan dari setiap peserta didik dapat tereksplorasi dan peserta didiknya pun tidak tergantung pada tenaga pengajar untuk mengembangkan potensinya, tetapi dengan cara dan metode yang tepat, peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya sendiri tanpa bantuan orang lain.
Pada dasarnya, pendidikan non formal, dalam hal ini Lembaga kursus Bahasa Inggris, sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kita yang tidak sempat tereksplorasi di Institusi pendidikan yang sedang kita tempuh.

Namun yang seharusnya kita sadari adalah meskipun kursus bahasa Inggris itu perlu, namun yang seharusnya kita utamakan tetaplah pembelajaran bahasa Inggris yang diselenggarakan di Institusi pendidikan formal yang sedang kita tempuh.

Apakah itu sekolah dasar, sekolah menengah, ataupun Universitas.

Sekolah atau pendidikan formal haruslah menjadi fokus atau prioritas kita dan Lembaga kursus menjadi ladang untuk menuntaskan rasa penasaran kita yang tidak terjawab di sekolah.

Sehingga, kita tidak akan merasa rugi belajar di sekolah ataupun di Lembaga kursus. Karena di kedua tempat itu, kita dapat mengembangkan kemampuan kita dan membuka wawasan kita tentang bahasa Inggris yang sedang dan akan kita pelajari. Kampung Inggris
Kampung Inggris Kediri
Kampung Inggris Bandung
Kampung Inggris Jogja
Kampung Inggris Semarang
Kampung Inggris Jakarta
Kampung Inggris Lc
Kampung Inggris Pekanbaru
Kampung Inggris Solo
Kampung Inggris Di Kediri

Save

Save

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *