fbpx

Belajar Idiom dalam Bahasa Inggris

oleh | Jun 24, 2024 | English Corner | 3 Komentar

Kampung Inggris PareDalam literatur Bahasa Inggris seperti novel, artikel, cerpen, dan lain-lain seringkali kita temui adanya frasa yang cukup asing dan mungkin sedikit membingungkan. Bisa saja, apa yang kamu baca saat itu adalah salah satu bentuk ungkapan bahasa Inggris dalam menulis sebuah literatur, yaitu Idiom. Mungkin kata idiom tidak asing di telinga kita, bukan? Tapi mungkin masih ada yang bingung apa yang dimaksud dengan idiom. Kalau kamu masih bingung atau mau lebih paham lagi tentang idiom, yuk simak penjelasannya. 

Makna idiom dalam Bahasa Inggris, adalah bentuk ungkapan yang berbentuk kalimat atau frasa yang mempunyai makna atau arti khusus, selain itu makna yang ada tidak sama dengan makna secara harfiah atau kata demi katanya. Peeps harus memaknainya bukan dengan kata per kata, tetapi secara keseluruhan. Hal ini karena makna yang ada dalam idiom itu tergantung pada konteks yang umum dalam bahasa Inggris. 

Beberapa idioms yang mungkin jarang peeps dengar, tetapi akan muncul dalam literatur bahasa Inggris atau bahkan dalam film favoritmu. Sementara itu, jumlah idiom dalam bahasa Inggris itu ada banyak sekali. Oleh sebab itu, ada lima rekomendasi idiom yang bisa peeps gunakan untuk percakapan sehari-hari atau mungkin bisa digunakan dalam tulisanmu;

1. Been There, Done That

    Source : Pinterest (https://pin.it/2F0X7YVyb)

Been there, done that adalah idiom yang memiliki arti kalau kamu sudah pernah melakukan atau mengalami sesuatu yang menurutmu sudah tidak menarik lagi. Idiom ini bisa peeps gunakan ketika seseorang menanyakan sesuatu namun, kamu sudah tidak tertarik atau berkesan lagi dengan hal itu. 

Contonya, 

When I was young, I used to go hiking every weekend. But, as I am getting older, I don’t do that anymore. Been there, done that. (Waktu aku masih muda, aku dulu biasanya pergi mendaki setiap akhir pekan. Tapi, seiring bertambah usiaku, aku tidak melakukannya lagi. Sudah pernah melakukannya)

 

2. On Cloud Nine 

    Source : Pinterest (https://pin.it/49wXGfTSp)

Penggunaan idiom on cloud nine seringkali ada dalam film Hollywood. Idiom tersebut memiliki arti merasa senang atau bahagia. On cloud nine dapat digunakan untuk menggambarkan seseorang yang bersukacita akan sesuatu yang mereka punya atau berhasil mereka capai.

Contohnya, 

Herry has been working hard in his works. And now when he got a promotion, he is on cloud nine. (Herry sudah bekerja keras dalam pekerjaannya. Dan sekarang saat dia mendapatkan promosi jabatan, dia merasa sangat senang.)

 

3. Piece of Cake 

Source : Pinterest (https://pin.it/3Mh0arGGN)

Peeps pasti seringkali dengar atau baca idiom yang ada di atas! Makna dari idiom di atas bukanlah tentang makanan. Arti dari piece of cake adalah sangat mudah dan gampang. Idiom ini menggambarkan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan atau diselesaikan.

Contohnya, 

Mary is an expert in Mathematics, so this kind of question is just a piece of cake for her to answer. (Mary itu ahli dalam Matematika, jadi soal seperti ini sangat mudah baginya untuk menjawabnya)

 

4. Count on Me

Apakah peeps sering mendengarkan lagu Bruno Mars? Jika iya, peeps pasti tahu salah satu lagunya yang berjudul ‘Count on Me.’ Ternyata salah satu judul lagu Bruno Mars itu merupakan salah satu bentuk idiom loh peeps!! Count on me memiliki arti kalau kamu bisa mengandalkan seseorang ketika kamu membutuhkan bantuan, dukungan, atau adanya kehadiran seseorang pada situasi tertentu. 

Contohnya, 

Hello, buddy! You can count on me when you need to finish the housework. (Halo, kawan! Kamu bisa meminta bantuanku saat kau perlu menyelesaikan pekerjaan rumah ini)

 

5. Cup of Tea 

Frasa dari cup of tea bukan berarti secangkir teh ya peeps! Idiom ini memiliki arti menyukai atau minat akan suatu hal oleh seseorang. Idiom ini bisa digunakan saat sedang membicarakan hal-hal yang jadi minat atau kegemaran dari seseorang. 

Contohnya,

Mystery and Sci-Fiction genres are my cup of tea when reading a novel. (Genre misteri dan fiksi ilmiah adalah favoritku saat membaca novel) 

Artikel di atas merupakan beberapa contoh dari penggunaan idiom yang ada dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi idiom lainnya. Jika, ingin mengetahui lebih banyak idiom yang ada pada bahasa Inggris, peeps bisa memperbanyak kosakata bahasa Inggris atau mendengarnya ketika menonton sebuah film atau mendengarkan musik. Selain itu, peeps bisa juga mempelajarinya langsung dengan kursus atau les bahasa Inggris. Liburan telah tiba! Waktunya mengisi liburan dengan kegiatan produktif, bisa dengan mengasah skill bahasa Inggri dengan berlibur di Kampung Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur. Bersama INTERPEACE, liburan anti mainstream, di jamin lancar speaking.

3 Komentar

  1. Tata

    You can count on me like 1 2 3

    Balas
  2. Oyen

    Great

    Balas
  3. Madya

    Wowww aku sering denger tapi gak tau artinya. Makasih informasinya min

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *